Berbicara di depan umum  merupakan salah satu hal yang mungkin di takutkan oleh setiap orang. Deang berbicara di depan umum berarti semua yang kita ucapkan dan yang kita sampaikan, akn diketahui oleh orang banyak.

Berikut sedikit tips berbicara di depan umum :

Memiliki Wibawa

Temen pasti udah tau kalo orang yang punya wibawa,setiap dia bicara pasti selalu diperhatikan oleh pendengarnya. dia selalu diperhatiin karena yang dengerin dia udah ngehormatin dia terlebih dahulu. sekarang coba agan2 bayangkan kalo orang yang gak punya wibawa sedang berbicara di depan banyak orang. TS yakin,gak semua orang memperhatikannya.

Selingi dengan Candaan

kalotemen2 sedang dengerin orang yang pidato ato ngasi sambutan tapi yg ngasi sambutan ato pidato itu serius terus,gak pernah bercanda,gimana perasaan agan? bosen kan? maka dari itu, ketika kita sedang berbicara di depan banyak orang,perlu juga kita selingi candaan agar orang yang mendengarkan kita sedikit terhibur dan enjoy mendengarkan apa yang kita bicarakan.

Ajak Komunikasi Pendengar

terkadang masih ada juga pendengar yang masih malas untuk memperhatikan walopun kita sudah menyelingi dengan candaan dan padahal kita termasuk orang yang berwibawa. karena itu,sesekali,perlu juga kita mengajak komunikasi pendengar kita agar mereka tetap memperhatikan kita.

Pakai Bentakan/Gertakan/Teguran

Cara ini jadi jalan terakhir kalo kita udah gak bisa ngatur audience lagi. kalo udah kita ajak komunikasi baik-baik masih gak mau dengarin, kita bentak aja mereka supaya mereka memperhatikan.

SUMBER