Dalam suatu kumpulan atau organisasi selalu saja ada ketidak kompakan dan selalu saja saling mengandalkan. Padahal dalam suatu organisasi/kelompok itu ditegaskan dan diharusan menjalin kekompakan dan kerjasama tim  satu sama lain nya. Jika hanya mengandalkan beberapa orang saja dalam melakukan pekerjaan organisasi tersebut, mungkin hasil yang dilakukan itu tidak akan maksimal dan tidak optimal.

Terkadang orang yang merasa diandalkan itu akan merasa jenuh, karena setiap orang akan merasakan titik jenuh di suatu saat nanti. Jika orang yang diandalkan itu benar-benar merasa jenuh, apakah anggota organisasi yang lain akan peduli dan menghandle beban yg diterimanya itu selama ini?? Bagaimana nasib organisasi dan vissi missi organisasi itu akan terwujud??

Rasa pengertian dan sadar diri yang harus timbul dari setiap anggota organisasi itu. Jika hal itu tidak timbul, maka hancurlah sudah nasib organisasi tersebut.

Semua anggota organisasi pasti memiliki kesibukan masing-masing, namun kita kembali ke keputusan awal masing-masing tiap anggota, jika merasa disibukan dengan organisasi kenapa mesti ikut dan gabung dalam organisasi ini. Nah disinilah kita mesti bertanggung jawab atas keputusannya sendiri di saat memutuskan akan gabung dengan organisasi ini. Selain bertanggung jawab dengan keputusan yang dibuatnya sendiri, anggota organisasipun harus dan wajib bertanggung jawab atas semua tangung jawab organisasi yang diberikan kepadanya.

===========================================================

“Lama-lama jika orang yang diandalkan itu benar-benar merasakan kejenuhan yang mendalam, bisa jadi orang tersebut akan meninggalkan organisasi itu dengan alasan yang dianggapnya organisasi ternyata bukan merupakan suatu organisasi karena tugas dan fungsi masing-masing anggota organisasi itu tidak dijanlakan dan tidak ada kekompakan/team work”.