Temen2 yang demen berselancar di dunia maya pasti kebanyakan mengalami masalah insomnia .. Maybe kebiasaan internetan di malam hari membuat insomia itu semakin menjadi2..

Sebelem lebih lanjutnya ki perlu ketahui apa itu insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu.
Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif.
Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan imsonia yaitu :

  • Kopi, yang sangat diandalkan untuk menjadi “doping” untuk tetap terjaga dimalam hari.
  • Nikotin juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita mendapatkan insomnia di malam hari.
  • Kafein di malam hari adalah “big no-no”, termasuk disini adalah coklat, teh dan soda.
  • Makanan kaleng atau makanan siap saji yang mengandung kafein, namun tidak anda sadari. Periksalah labelnya sebelum menyantapnya.

Nikotin juga menjadi musuh utama dalam usaha mendapatkan tidur yang baik. Nikotin dapat menjadi perangsang untuk tetap terjaga sepanjang malam. Makanan pedas dan asam juga dapat membuat usaha anda untuk tidur gagal karena mereka dapat membuat perut anda terasa panas dan nyeri, terutama yang memiliki riwayat maag.

Nah di atas tadi penyebab dari insomnia, tentunya ada beberapa tips untuk mengurangi serangan insomnia.

  • Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari.
  • Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman.
  • Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.
  • Hindari mengkonsumsi makanan/minuman yang bersifat  Kafein
  • Kurangi mengkonsumsi yang bersifat stimulan. teh, kopi, alkohol dan rokok
  • Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  • Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
  • Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  • Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.
  • Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.
  • Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang tidak teratur akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.